Rabu, 10 Agustus 2011

Jatigede Menantang Bencana

Setelah tertunda 40 tahun proyek Jatigede oleh kasus korupsi dari pusat hingga daerah sampai akhirnya Bank dunia kehilangan US$700,000 dan mengundurkan diri dari proyek, juga karena konsep proyek didapati tidak memenuhi syarat World Commission on Dams (WCD) 2000, tidak ketinggalan kontroversi dan perdebatan sengit internal pemerintahan pusat sendiri, akhirnya dengan pawang JK sebagai wapres sekaligus yang punya hajat perbisnisan PLTA nasional, pada Juni 2007 wakil presiden Indoensia, Moh. Jusuf Kalla sebagai wapres berkunjung ke China dengan agenda utama ‘meningkatkan pertanian, dan irigasi’. Selain mempelajari cara bertani ala China bersama Tommy Winata yang menyusul dengan helicopter pribadinya, JK melakukan kunjungan ke Bendungan Tiga Ngarai, bendungan terbesar di dunia, dibangun oleh pembangun 80% PLTA di China, Sinohydro Corp., yang membelah S. Yangtze.

"Proyek yang sangat menakjubkan dan mempunyai manfaat besar. Selamat," demikian tulisan tangan Wapres di lembar prasasti diorama Three Gorges Dam di Sungai Yangtze.

"Dulu zaman Pak Harto juga bisa. Mestinya sekarang juga bisa kita lakukan. Pada era Orde Baru, Soeharto sukses membangun Bendungan Jatiluhur di Purwakarta, Bendungan Kedungombo di Jateng, Bendungan Sutami di Jatim, dan berbagai proyek raksasa lain yang bermanfaat bagi pembangunan," ucap ketua umum Partai Golkar itu. Dalam kunjungan ke Cina itu, JK menandatangani perjanjian pinjaman US$ 235 juta dari pemerintah China melalui China Exim Bank, sekaligus menggaet Sinohydro Corp.

Ternyata, pilihan JK itu jitu, gayung bersambut. Sinohydro Corp sangat berambisi melebarkan sayap bisnisnya di pusat ekspansi industrialisasi Cina, Jawa Barat. Pemerintah Indonesia patut berbangga karena berhasil memperoleh pinjaman dari pemerintah China yang terkenal paling agresif dalam pembangunan bendungan besar, sekaligus menggaet pembangun PLTA terbesar di China itu yang telah berhasil membangun bendungan terbesar di dunia dan akan membuat jiplakannya di Jatigede atas dasar kesamaan geografis : sama2 terletak di daerah patahan sesar alias pemicu gempa bumi!


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Jatigede Menantang Bencana"

Posting Komentar